KREDIT PEMILIKAN RUMAH | The Mahaka Premiere


The Mahaka Premiere, rumah mewah di bekasidijual rumahrumah kprperumahan di bekasiperumahan bekasidicari rumah murahiklan rumahjual beli rumah murahrumah dijual di bekasi, rumah minimalisrumahrumah dijualrumah idamanrumah sederhanadenah rumah minimalisrumah minimalis sederhanaperumahandenah rumahmodel rumahrumah minimalis modernmodel rumah sederhanarumah minimalis 2 lantai

KPR (disebut juga Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan/agunan berupa Rumah. Walaupun penggunaannya mirip, KPR berbeda dengan kredit konstruksi dan renovasi (wikipedia.com). Sedangkan dalam situs rumah.com mendefinisikan KPR sebagai produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan 90% dari harga rumah.

Apapun pendefinisiannya, secara teknikal KPR adalah salah satu alat/media untuk membeli rumah dengan cara kredit.

AGUNAN

Hingga saat ini KPR hanya disediakan oleh perbankan, walaupun pada kenyataannya sudah ada perusahaan pembiayaan yang menyalurkan pembiayaan dari lembaga sekunder untuk pembiayaan perumahan atau yang di kenal sebagai “housing financing”.

Pengembang biasanya sudah bekerja sama dengan Bank untuk mempermudah proses pengajuan KPR. Oleh sebab itu, salah satu pertimbangan saat membeli rumah adalah bank yang menyalurkan KPR. Beberapa contoh KPR Bank tersebut diantaranya adalah KPR Merdeka dari Bank NISP, Kredit Griya Utama dari BTN, dan KPR BCA dari BCA. (baca juga KPR FLPP- mulai cara pengajuan, syarat, bunga & biaya)

Ada beberapa tipe KPR, misalnya agunan yang diperlukan untuk KPR adalah rumah yang akan dibeli itu sendiri untuk KPR Pembelian. Sedangkan untuk KPR Multiguna atau KPR Refinancing yang menjadi Agunan adalah Rumah yang sudah dimiliki. Karena masuk dalam kategori Kredit Konsumtif maka peruntukan KPR haruslah untuk kegiatan yang bersifat Konsumtif seperti pembelian rumah, furniture, kendaraan bermotor dan tidak diperbolehkan untuk kegiatan yang bersifat produktif seperti pembelian stok barang dagangan, modal kerja dan lain sebagainya.

SIMULASI KPR

Simulasi KPR adalah merupakan sebuah gambaran proses mengenai kredit sebuah rumah yang wajib dilakukan oleh setiap nasabah yang hendak membeli rumah melalui sistem KPR. Proses simulasi kredit tersebut akan dilakukan oleh pihak kreditur atau pemberi kredit (biasanya dari pihak Bank) dengan pihak nasabah yang hendak mengajukan permohonan pembelian rumah secara kredit KPR.

Pihak developer rumah atau pemilik rumah tidak akan terlibat dalam simulasi ini. Ini disebabkan oleh pihak tersebut pada nantinya adalah pihak yang akan mendapatkan atau menerima pembayaran dari pihak kreditur. Selanjutnya, sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat, maka pihak nasabah harus membayar kredit.

Simulasi kredit rumah ini akan dibuat oleh pihak bank. Dan biasanya akan berbeda-beda tergantung bank apa dipilih sebagai penyedia layanan kredit. Sehingga bukan hal yang mengherankan apabila kebijakan dan jangka waktu kredit akan berbeda antara bank yang satu dengan yang lain. Tidak hanya itu, beberapa yang akan membedakan di antaranya adalah uang muka yang harus dibayarkan, dan juga berapa bunga (atau lebih tepat metode penerapan bunga macam apa yang akan ditetapkan). Ini merupakan sebuah informasi penting yang akan dijelaskan dalam simulasi kredit dan bisa menjadi sebuah gambaran untuk setiap nasabah yang hendak melakukan kredit rumah.
Nasabah berhak untuk memintas simulasi kredit rumah ini dari setiap bank yang hendak dijadikan penyedia kredit KPR. Walaupun pada umumnya apabila Anda membeli rumah dari developer, pihak nasabah akan langsung mendapatkan beberapa pilihan bank serta pilihan jangka waktu yang hendak diambil dan berapa besar cicilan kredit. Ini karena pihak developer sudah melakukan hubungan kerja sama dengan beberapa bank yang dijadikan pilihan oleh nasabah.

DOKUMEN PENGAJUAN KPR

Permohonan KPR diajukan dengan mengisi formulir pemesanan unit dari pengembang serta melunasi biaya pemesanan dan uang muka. Lengkapi formulir pengajuan kredit dan siapkan dokumen-dokumen penting seperti yang tertera dalam daftar persyaratan berikut ini.

Dokumen KPR Standar:

1.            Usia tidak lebih dari 50 tahun ketika mengajukan permohonan KPR.
2.            Fotokopi KTP pemohon.
3.            Akta nikah atau cerai.
4.            Kartu keluarga.
5.            Surat keterangan WNI (untuk WNI keturunan).
6.            Dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB).
Dokumen Tambahan untuk Karyawan:

·                     Slip gaji.
·                     Surat keterangan dari tempat bekerja.
·                     Buku rekening tabungan yang menampilkan kondisi keuangan 3 bulan terakhir.

Dokumen Tambahan untuk Wiraswasta atau Profesional:

·                     Bukti transaksi keuangan usaha.
·                     Catatan rekening bank.
·                     NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
·                     SIUP
·                     Surat izin usaha lainnya, seperti Surat Izin Praktik untuk para dokter.
·                     Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

ALUR PENGAJUAN KPR 
Setelah melengkapi dokumen-dokumen KPR di atas, maka setelah itu pihak Bank akan melakukan survey kevalidan dokumen yang di ajukan dan survey atas penilaian properti yang di ambil, dalam hal ini yang di ajukan sebagai KPR. Setelah melewati proses analisis risiko kredit dan survey penilaian properti tersebut, pengajuan KPR akan dilanjutkan dengan akad kredit. Apabila biaya dan kebutuhan administrasi berikut telah terpenuhi tahap selanjutnya adalah: pelunasan BPHTB (Bea Peralihan Hak Atas Tanah dan Bangunan) sejumlah 5% dari harga jual properti sebelum pajak, asuransi FIDUCIA, provisi kredit, asuransi unit properti–umumnya ditanggung pengembang, dan biaya notaris untuk pengikatan kredit secara hukum.

Jika akad kredit sudah selesai, maka Bank akan mengalirkan dana kredit yang umumnya ditransfer langsung ke rekening penjual atau pengembang. Proses ini umumnya memakan waktu maksimum 7 hari kerja. Suku bunga kredit akan dikaji secara berkala, umumnya setiap 3 atau 6 bulan. Saat itulah biasanya Pengembang mulai membangun Rumah anda. Dan apabila semua angsuran KPR anda telah dilunasi, maka bank selanjutnya akan mengeluarkan Surat Pelunasan Utang dan Sertifikat Asli Kepemilikan Unit Properti milika atau atas nama Anda. Inilah akhir dari proses KPR. (untuk lebih lengkapnya baca: Alur dan Tahapan Pengajuan KPR)



Informasi mengenai KPR di The Mahaka Premiere Selengkapnya Anda dapat klik Disini

Sumber Berita :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kredit_pemilikan_rumah
https://www.rumah.com/panduan-dan-referensi/membeli-rumah/apa-itu-kpr


rumah murah bekasirumah murah jatiasihrumah dijual dijatiasihrumah dijual dibekasiperumahan bekasiperumahan jatiasihperumahan murah dibekasiperumahan murah dijatiasihrumah minimalis dibekasirumah minimalis dijatiasihkpr murah dibekasikpr murah dijatiasihjual rumah murah, harga rumah, rumah di jual, situs jual beli rumah, jual beli tanah, harga rumah minimalis, gambar rumah idaman, rumah Jokowi, rumah minimalis mewah, cari rumah, beli rumah, rumah dijual murah, kredit rumah murah, kredit rumah, rumah disewakan, kpr rumah, rumah baru, minimalis rumah, dijual rumah, rumah kpr, lelang rumah, model rumah modern, cari rumah murah, iklan rumah, rumah sewa, jual beli rumah murah, olx rumah dijual, interior rumah sederhana, arsitek rumah minimalis, internet rumah murah, properti rumah, type rumah minimalis, iklan jual rumah, harga rumah murah, jual beli property, model rumah minimalis modern, rumah kpr murah, iklan rumah gratis, model model rumah, jual tanah murah, rumah terbaru, type rumah, olx jual rumah, rumah dijual olx, jual beli rumah online, jual rumah online, model rumah idaman, desain rumah mungil, bangunan rumah minimalis, rumah jual, jual property, perumahan baru, iklan property, situs jual beli rumah terbaik, situs jual beli rumah online gratis, model rumah baru, cicilan rumah murah, lihat rumah minimalis, model rumah sekarang, harga perumahan, desain rumah minimalis terbaru, gaya rumah minimalis, rumah minimalis modern 1 lantai, jual rumah olx, website jual beli rumah, dijual rumah murah, denah rumah minimalis modern, perlengkapan rumah, kpr rumah murah, kpr rumah murah, rumah btn murah, rumah dijual cepat, aplikasi jual rumah, pasang iklan jual rumah, rumah tinggal, model desain rumah, properti Indonesia, olx jual beli rumah, cari rumah dijual, beli rumah murah, info rumah dijual, iklan properti gratis, dijual tanah, rumah contoh, rumah minimalis idaman, rumah minimalis murah, jual rumah 123, rumah 123, contoh rumah minimalis, denah rumah sederhana, rumah impian, desain rumah minimalis 2 lantai, rumah minimalis terbaru, rumah modern, rumah murah, property, model rumah terbaru, rumah web, jual beli rumah, perumahan murah, rumah sederhana minimalis, foto rumah, desain rumah minimalis sederhana, sewa rumah, jual tanah, kontrakan rumah, rumah idaman minimalis, gambar desain rumah, desain rumah sederhana, jual rumah,




Komentar